Segala macam penyakit telah merajalela pada zaman saat ini, Bahkan para dokter pun angkat tangan terhadap beberapa jenis penyakit, seperti kanker dan tumor,meskipun obatnya sebenarnya tetap saja ada. Sebab Allah tidak menciptakan suatu penyakit kecuali menciptakan juga obatnya, Akan tetapi penyebabnya adalah ternyata hanya ketidak tahuan kita terhadap hikmah yang dikehendaki oleh Allah. Bisa jadi salah satu penyebab terbesar dari penyakit adalah kemaksiatan yang dilakukan secara terang terangan. Karena itulah,berbagai penyakit dan musibah pun melanda umat negeri ini, bagaimana tidak... penduduk kita yang cuma 1/10 nya negeri Cina penderita kanker nya jauh lebih banyak ... ? Hal ini sebagaimana disebutkan dalam firman Allah Taala sebagai berikut : Dan musibah apa saja yang menimpa kalian,maka itu di sebabkan oleh perbuatan kalian sendiri, dan Allah memaafkan sebagaian besar dari kesalahan-kesalahan itu (Asysyura (42) : 30 ).

Selain itu, penyakit merupakan ujian dari Allah untuk para hamba Nya di dunia yang penuh dengan bencana ini.Dunia yang sarat dengan berbagai macam penyakit. Dan jangan besedih karena siapapun yang di uji itu sebenarnya justru Allah akan meningkatkan derajatnya kemudian maqom disisinya kan..? Wahai orang yang sedang sakit.Wahai orang yang sedang dirundung kesedihan,wahai orang yang sedang di Uji. Semoga keselamatan dilimpahkan kepadamu,yang setara dengan kesedihan hati yang engakau rasakan. Semoga keselamatan dilimpahkan kepadamu, sejumlah ungkapan pengaduanmu. Semoga keselamatan dilimpahkan kepadamu sebanyak ungkapan kesakitan yang engkau katakan, engkau sangat berharap segera sembuh, meski harus membayarnya dengan apapun yang engkau miliki.

Saudaraku yang kini sedang menderita sakit baik fisik ataupun mental Kami tidak akan memperbarui dokter bedah anda, tapi kami akan menyampaikan obat kepada anda, dan kami akan membuat anda terbebas, dengan izin Allah dari derita sakit yang extra ordinary dan Obat itu ada dalam Sabda Nabi Muhammad saw yang perowinya adalah Baihaqi = "Obatilah orang-orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah."

Rosulullah juga berobat dengan pengobatan spiritual terapi ilahiyah,para pendahulu kita kaum salaf juga bersedekah sesuai dengan tingkat sakit dan ujian yang diderita mereka maka tidak berapa lama mereka pun di sembuhkan oleh Allah dzat yang Maha Menyembuhkan, maka anda janganlah pelit untuk bersedekah demi kesembuhan anda dan keluarga sendiri ,karena berapapun sedekah anda tidak akan sebanding dengan kemurahan Allah, dan yang pasti anda tidak akan menjadi miskin karena gemar ber sedekah, justru semakin bersedekah malah semakin kaya , dan ingat berapapun kekayaan yang anda miliki itu tidak akan berarti apa-apa jika anda / keluarga anda ada yang menderita sakit yang namanya kanker.